Bandwidth adalah suatu ukuran dari banyaknya informasi yang dapat mengalir dari suatu tempat ke tempat lain dalam suatu waktu tertentu. Bandwidth dapat dipakai untuk mengukur baik aliran data analog mau pun aliran data digital. Sekarang telah menjadi umum jika kata bandwidth lebih banyak dipakaikan untuk mengukur aliran data digital.

Pertama kita akan mencermati tentang transfer rate. Seperti kita ketahui transfer rate merupakan transfer atau pengiriman data dalam satuan waktu. Kita meungkin sering mendengar istilah kBps ( Kilo Byte per second ) ataupun kbps (Kilo Bit per second) Apa Bedanya ???

KBps merupakan suatu satuan terkecil dalam suatu besaran data. Sedangkan Kbps merupakan suatu partikel pembentuk data digital. sehingga bit dapat di tepatkan sebagai kecepatan transfer data.

Nah bagaimana sih realnya menghitung kecepatan Transfer rate kita ??

menurut rumus penghitungan bandwitdh adalah :  Kecepatan Transfer data : 8

jadi gampangnya, jika kita menggunakan kecepatan rate dari providernya 256kbps maka akses transfer yg di dapat ya 256/8 = 32kb…jadi transfer rate yg di dapat adalah 32kb/s…Jikalau kita ingin mendownload sebuah file dengan size 320kb maka kita hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik untuk mendownloadnya. Simple bukan..???

Semoga Bermanfaat…!!!!

ucapan terimakasih buat http://cingciripit.com…

About these ads