Sudah suatu hal yg lazim bahwa jikalau lulus sarjana (S1) mayoritas mahasiswa coba peruntungan di dunia kerja. Dengan segudang sertifikat dan juga nilai akademis siap di jual ke perusahaaan perusahaan yg membuka lowongan pekerjaan. Namun ironisnya, itu pun belum cukup untuk membuat kita dapat masuk dan menjadi bagian dari suatu perusahaan tersebut malah ada yg pulang dengan tangan hampa dengan map berisi surat-surat penting lainnya.

Selain skill, nilai akademis dan juga kemampuan berbahasa asing, ada 3 hal yg juga harus di perhatikan dan harus dikuasai, yaitu :

1. Bisa Berbicara

Maksud berbicara disini adalah di dunia kerja kita harus pintar pintar ngomong atau bisa mempresentasikan sesuatu. Karna untuk meyakinkan suatu atasan dan juga klien kita harus bisa meyakinkan dengan bahasa yg kita gunakan saat presentasi. Jadi kalau pun kita memiliki kemampuan akademis tapi belum bisa bicara atau malu, maka itu tidak bisa menjamin kita bisa lama bahkan diterima di tempat kerja.

2. Bisa Menulis

Dalam dunia pekerjaan, pasti kita ingin stak di satu bagian dan pasti ingin naik pangkat atau jabatan. Nah disinilah tempatnya yaitu dapat menulis. Disini kita mesti dapat menulis suatu rancangan pekerjaan atau suatu proposal. kisa harus bisa mendesign suatu proposal agar menarik dan mempunyai daya tarik sehingga atasan dapat mempertimbangkan ada untuk naik grade atau level.

3. Bisa Bertanya

Inilah hal terakhir yg juga mesti diperhatikan yakni bertanya. Bertanya disini yakni untuk memberikan kemudahan kepada klien atau atasan dalam memuluskan suatu proyek. dalam bertanya sendiri ada seni atau hal hal yg juga harus diperhatikan agar tidak salah . Gunakan kaidah dan ketentuan bahasa yg berlaku sudah cukup bisa memenuhi hal itu.

jadi intinya adalah kemampuan skill saja tidak cukup untuk menjadikan / menjamin kita dapat mudah masuk dunia kerja jadi kita juga mesti bisa mempergunakan 3 hal tersebut. Semoga bermanfatt.
VN:F [1.6.8_931]
please wait…