Tugas 1 Manajemen proyek dan Risiko

1. Jelaskan konsep manajemen proyek !

2. Jelaskan karakteristik khusus yang membedakan proyek dari kegiatan rutin lainnya.

3. Apa yang membedakan proyek teknologi informasi dengan proyek lain pada umumnya.

4. Berikan contoh nyata 1 dari jenis proyek teknologi informasi yang dilaksanakan oleh pemerintah atau organisasi bisnis. Deskripsikan dengan jelas contoh tersebut.

5. Tulis dalam wartawarga komentar anda tentang proyek yang anda gunakan sebagai contoh no 4 di atas.

Jawab

1. Manajemen proyek lebih ditekankan pada tiga faktor, yaitu : manusia, masalah dan proses. Dalam pekerjaannya faktor manusia sangat berperan penting dalam suksesnya manajemen proyek. Pentingnya faktor manusia dinyatakan dalam model kematangan kemampuan manajement manusia ( a people management capability maturity model / PM-CMM) yang berfungsi untuk meningkatkan kesiapan organisasi perangkat lunak (sistem informasi) dalam menyelesaikan masalah dengan melakukan kegiatan menerima, memilih, kinerja manajemen, pelatihan, kompensasi, pengembangan karier, organisasi dan rancangan kerja serta pengembangan tim.

2. Perbedaaan proyek dengan kegiatan lainnya adaalah : – Proyek memiliki jangka waktu tertentu, yang berarti bahwa rangkaian aktivitas tersebut memiliki titik mulai dan titik selesai yang pasti ditargetkan. Dan bersifat unik, yang berarti bahwa tidak ada proyek yang menghasilkan produk atau jasa/pelayanan yang identik. – Sedangkan aktivitas operasional dilakukan secara berulang-ulang dari waktu ke waktu, yang merupakan pekerjaan standar yang harus dikerjakan oleh masing-masing karyawan atau staf perusahaan berdasarkan tugas dan tanggung jawabnya.

3. Perbedaan teknologi informasi dengan proyek lainnya adalah : Memiliki obyektif untuk menghasilkan produk produk yang kerap bersifat intangible (kasat mata), semacam perangkat lunak (software), algoritma, berkas (file), dan lain-lain; Melibatkan berbagai teknologi yang sangat cepat usang karena perkembangannya yang sedemikian cepat, semacam komputer, modem, software, CAD/CAM, dan lain-lain; Membutuhkan beragam sumber daya manusia dengan spektrum kompetensi dan keahlian yang sangat bervariasi (mulai dari yang umum sampai yang sangat khusus), seperti: data entry, system administrator, programmer, system analyst, database specialists, network expert content manager, dan lain-lain; Memakai berbagai fasilitas dan perlengkapan dan/atau bahan mentah (raw materials)yang telah dapat didigitasi, semacam teks, gambar, audio, dan video; Menggantungkan diri pada standard -stadard kualitas yang belum baku karena sangat sulitnya mengukur segi – segi kualitas yang dapat dimengerti dan dipahami bersama antara berbagai pihak yang berkepentingan dalam proyek; Mendasarkan proses pada rencana atau kontrak kerja yang sangat sulit dikembangkan sehingga tidak terjadi keraguan dalam menentukan telah selesainya sebuah proyek atau tidak;

4. instalasi WAN untuk menghubungkan kantor pusat dengan cabang sebagai salah satu contoh teknologi informasi nya adalah saat rekapitulasi suara pemilu. Untuk dapat menerima data suara sah dari tiap kabupaten provinsi dan daerah ke kantor pusat maka menggunakan teknologi dengan menginstalasi wan agar dapat menghubungkan pusat tabulasi suara di pusat dengan tiap suara-suara di daerah. Ini dapat mempermudah mengetahui jumlah suara saat pemilu di selenggarakan.

5. komentar

Cukup bagus untuk mempermudah proses penghitungan suara namun, dalam setiap kelebihan pasti ada kekurangan. Dalam hal koneksi bisa saja faktor alam membuat koneksi terganggu dan contoh lain adalah penggandaan database dan lain lain.

Nama : Alfarobi

Kelas : 20107134